Headlines News :
Home » » Wakil Walikota Batam : Puskesmas Tetap Layani Pasien Hingga Sore

Wakil Walikota Batam : Puskesmas Tetap Layani Pasien Hingga Sore

Written By Unknown on Minggu, 12 Juni 2016 | 19.55.00

Wawako Perintahkan Puskesmas Tetap Layani Pasien Hingga Sore 
Kesehatan -  Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad perintahkan Puskesmas tetap melayani pasien hingga sore hari. Karena berdasarkan hasil sidak di Puskesmas Botania, Kamis (9/6), didapatinya bahwa pendaftaran pasien untuk poli umum dan gigi tutup pukul 12.00 WIB. Meski pelayanan khususnya bagi kasus emergency di Unit Gawat Darurat tetap dibuka 24 jam.

Selain hasil sidak, Amsakar juga menerima laporan serupa dari masyarakat. Kondisi pendaftaran Puskesmas yang tutup tengah hari ini juga terjadi di Puskesmas Sekupang. "Saya merasa tidak nyaman dengan pelayanan tersebut. Karena dengan dibuat seperti itu jadi timbul mindset di masyarakat bahwa Puskesmas hanya melayani sampai tengah hari. Padahal sampai sore bisa," kata Amsakar.

Kepala Puskesmas Botania Kecamatan Batam Kota, Sanny T menjelaskan bahwa pelayanan yang dibuka hingga sore hari hanya untuk kasus darurat. Sementara kasus penyakit yang tidak parah, tidak dilayani. Kebijakan ini berlaku baik untuk poli umum maupun poli gigi. Karena waktu dari tengah hari hingga sore digunakan untuk menginput administrasi berupa data pasien dan penyakitnya.

"Siang itu kita tutup itu untuk kriteria biasa, misal minta surat keterangan dokter. Ke dokter gigi juga, kalau parah sakitnya dilayani. Waktu siangnya kita pakai untuk administrasi, input data pasien dan penyakitnya," terang Sanny. Mendengar penjelasan ini, Amsakar meminta agar Puskesmas tetap melayani meski pendaftaran tutup. "Kalaupun jam 12 tutup pendaftaran, yang penting masyarakat tetap dilayani. Kalau tidak dilayani akan numpuk di rumah sakit. Puskesmas kita harapkan betul-betul dapat lakukan pelayanan secara baik karena merupakan lini pelayanan kesehatan terdepan," tegas Amsakar.

Sebagai tindaklanjut dari sidak ini, Amsakar akan segera memanggil Kepala Dinas Kesehatan yang membawahi puskesmas-puskesmas di Batam. Tujuannya untuk mengevaluasi pelayanan Puskesmas selama ini. "Kita akan gali informasi melalui Dinas Kesehatan. Karena ada juga yang bisik-bisik ke saya, ada indikasi dokter-dokter ini praktik di luar setelah jam 12. Kalau mau praktik ya cukup praktik saja. Tak usah jadi pegawai," ujarnya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Tim ramah | Amsakar Achmad Blog
Copyright © 2011. Amsakar Achmad - All Rights Reserved
Template Created by Modiv Website Published by Tim Ramah
Proudly powered by Blogger