Headlines News :
Home » » Survey Terbaru Pilwako Batam "Menangkang Pasangan Ramah"

Survey Terbaru Pilwako Batam "Menangkang Pasangan Ramah"

Written By Unknown on Selasa, 01 Desember 2015 | 18.47.00

Survei Terbaru: RAMAH Semakin tak Terbendung
Politik — Posisi pasangan calon nomor 1, H Muhammad Rudi – Amsakar Achmad (RAMAH), dinilai aman untuk memetik kemenangan dalam Pilkada Batam 9 Desember nanti. Sesuai dengan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), RAMAH mendapat suara di atas 53 persen, sedangkan lawannya, Ria Saptarika – Sulistyiana (RiaLis) memperoleh di bawah 25 persen.
Bocoran yang diperoleh media online ini menyebut, survei dilakukan SMRC 22 – 27 Oktober 2015. Sampel berjumlah 410 orang yang dipilih melalui metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan ±5% pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Beberapa survei sebelumnya juga memperlihatkan hasil yang tak jauh berbeda, baik pra maupun pasca penetapan pasangan calon oleh KPUD Batam. Fakta ini semakin memperkuat penjelasan bahwa pemilih batam relatif sudah stabil dan sulit untuk mengubah pilihan politiknya, apalagi waktu yang tersisa hanya sekitar sebulan menjelang hari “H” pencoblosan.
Hasil survei tersebut juga mengungkapkan, sebanyak 83% responden sangat kecil dan hampir tidak mungkin untuk mengubah pilihannya. Hanya 15% saja yang mengatakan masih mungkin mengubah pilihannya, sementara 2% lagi menjawab tidak tahu.

Apabila disimak lebih dalam, responden yang mengatakan bisa mengubah pilihannya pada umumnya mereka di zona, yang sejauh ini menjadi basisnya RAMAH. Oleh karena itu, berkemungkinan besar jika zona tersebut digarap secara optimal, maka jarak keunggulan RAMAH semakin jauh meninggalkan RiaLis.
Temuan lain yang menarik terdapat 21% responden mentolerir politik uang. Namun 89% dari yang toleran tersebut mengatakan jikalau ada yang memberi uang atau hadiah, mereka akan menerima tetapi hal tersebut tidak akan mengubah pilihan politik mereka.

Survei dibagi dalam lima zona, mengikuti pembagian Dapil dalam Pileg tahun lalu. Semua zona Rudi – Amsakar unggul. Kemudian, kelima zona tersebut diurai lagi dalam kecamatan-kecamatan (12 kecamatan), pun semuanya dimenangi Rudi – Amsakar. Dan, kenangan tersebut pada umumnya di atas 50 persen.
Menanggapi survei SMRC tersebut, sejumlah relawan RAMAH menyambut gembira. Tetapi mereka saling mengingatkan untuk tidak lengah, karena target kemenangan yang ingin dicapai di atas 70 persen. Ada sekitar 27 persen swing voter akan diusahakan semaksimal mungkin menjadi milik RAMAH.

“Kita boleh berpuas diri, tapi jangan sampai lengah. Contohilah calon kita, Pak Rudi dan Amsakar, mereka tak pernah kendur untuk memaksimalkan dukungan. Semua itu hendaknya membuat kita semakin termotivasi untuk menggarap konstituen,” ujar Raja Mustari, salah seorang Relawan Ramah.
Raja Mustari juga mengingatkan agar para relawan RAMAH tidak terpancing untuk melayani jika ada yang melakukan kampanye hitam terhadap jagoan mereka. “Pak Rudi dan Amsakar pun sudah berkali-kali mengingatkan kami untuk melakukan hal-hal yang elegan dalam menarik simpati masyarakat,” ujarnya. (NAID)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Tim ramah | Amsakar Achmad Blog
Copyright © 2011. Amsakar Achmad - All Rights Reserved
Template Created by Modiv Website Published by Tim Ramah
Proudly powered by Blogger