Headlines News :
Home » » Menpan-RB Ingin Program di Banyuwangi Diadopsi Seluruh Daerah

Menpan-RB Ingin Program di Banyuwangi Diadopsi Seluruh Daerah

Written By Unknown on Rabu, 03 Agustus 2016 | 19.28.00

Menpan-RB Asman Abnur
Info Nasional -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN- RB) Asman Abnur mengapresiasi sejumlah inovasi pelayanan publik yang dilakukan di Jawa Timur. Asman yang baru saja dilantik itu mengutarakan keinginannya untuk mendesain ulang sejumlah inovasi publik di Banyuwangi untuk disebarkan ke daerah lain. ”Ini merupakan hari keempat saya bertugas sebagai Menteri PAN dan RB, dan ini kunjungan kerja saya yang pertama di luar Jakarta. 

Saya tadi bisik-bisik ke deputi saya, ada beberapa inovasi di Jatim yang akan saya adopsi untuk disebar ke daerah lain, salah satunya program penerbitan akta kelahiran di Banyuwangi yang cepat dan memudahkan warga desa," ujarnya. "Jadi pelayanan publik ini tidak hanya milik orang kota, tapi juga warga desa seperti yang diterapkan di Banyuwangi,” ujar Asman Saat membuka acara Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah di lingkungan Pemprov Jatim dan Pemkab/Pemkot se-Jatim di Surabaya, Selasa (2/8/2016).

Asman mendengarkan paparan akuntabilitas kinerja dari tiga kepala daerah di Jatim yang nilai akuntabilitas kinerjanya dinilai baik oleh kementerian. Dengan mengadopsi inovasi yang sudah berjalan sukses di sebuah daerah, maka akan lebih efisien dan menguntungkan daerah lain. Pasalnya, tidak perlu lagi coba-coba program. Semua sistem tinggal diadopsi dan disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing. ”Sesuai amanat Presiden Jokowi, kita harus cepat bergerak yang bisa dirasakan rakyat secara langsung. Tidak perlu program muluk, tapi tidak jalan. Yang sederhana tapi tepat sasaran harus dijalankan. Saya juga mengapresiasi tadi Banyuwangi paparkan bagaimana pelayanan di desa sudah semakin baik. Sederhana tapi jalan, itu yang penting,” tegas Asman. 

Dia menambahkan, telah mendapat amanat khusus dari Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri PAN-RB. Terkait kementeriannya, yang ditekankan presiden adalah bagaimana pelayanan publik bisa berjalan optimal dengan bantuan teknologi informasi. ”Saya akan keliling, dan saya janji akan fasilitasi daerah yang ingin maju dan kerja. Tinggal kontak, saya akan langsung kirim tim untuk bantu perbaikan pelayanan,” ujarnya.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Tim ramah | Amsakar Achmad Blog
Copyright © 2011. Amsakar Achmad - All Rights Reserved
Template Created by Modiv Website Published by Tim Ramah
Proudly powered by Blogger