Headlines News :
Home » » Batam Harus Siap Jadi Kota Gas 2018

Batam Harus Siap Jadi Kota Gas 2018

Written By Awaluddin Ahmad on Jumat, 10 Juli 2015 | 23.21.00

Amsakar Achmad
Kota Batam akan dikembangkan menjadi “kota gas” pada 2018 mendatang, seperti yang disampaikan Menteri Energi Sumber Daya Mineral ketika berkunjung ke Batam beberapa waktu lalu.

“Kami sepakat dengan Pak Gubernur, akan menjadikan Batam sebagai kota gas dengan energi bersih,” kata Menteri ESDM, Sudirman Said.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan ada beberapa hal yang telah dilakukan Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk mewujudkan cita-cita pemerintah pusat tersebut.

Di antaranya yaitu rencana pembangunan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG). Tahap awal ini, kata Amsakar, akan dibangun tiga SPBG, yang satu di antaranya berlokasi di Kampung Belian Kecamatan Batam Kota.

“Kami sempat berdiskusi cukup panjang dengan Pimpinan PGN yang baru, Pak Soni. Memang 2015 ini diharapkan, pertama sudah berdiri SPBG. Dan sekarang dalam proses.” kata Amsakar saat ditemui di Sekupang, Selasa (24/2) lalu.

Kegiatan kedua yang dilaksanakan PGN yakni membangun instalasi pipa gas rumah tangga ke seluruh wilayah Kota Batam. Meski untuk saat ini pembangunan masih dilakukan di jalan-jalan utama, belum semuanya masuk ke perumahan warga.

“Pipa-pipa PGN sudah berada di jalur strategis, jaringan instalasi pokoknya sudah tersedia. Tapi khusus di seputaran Batam Centre, Perumahan Cendana sudah dipasok gas rumah tangga. Dan tahun ini sudah disiapkan rencana pengembangan untuk 2.000 rumah tangga,” ujarnya.

Selain itu, pasokan gas rumah tangga juga mulai diarahkan ke Kecamatan Sagulung. Dimulai dengan pasokan gas untuk sentra usaha pembuatan tahu tempe. Daerah lain yang akan dialirkan gas PGN adalah kawasan pertokoan di Jodoh dan Nagoya.

“Dari kondisi seperti itu, tinggal sedikit lagi saja Batam dikembangkan sebagai kota gas. PGN tinggal membuat skala prioritas untuk mendahulukan yang mana,” tuturnya.

Amsakar menilai, dengan berbagai persiapan ini yang dibuat PGN ini, sangat mungkin untuk mewujudkan Batam sebagai Kota Gas di tahun 2018 mendatang. #Bersama Kita Bisa
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Tim ramah | Amsakar Achmad Blog
Copyright © 2011. Amsakar Achmad - All Rights Reserved
Template Created by Modiv Website Published by Tim Ramah
Proudly powered by Blogger