Headlines News :
Home » » Walikota - Wakil Walikota Batam Terpilih Kemungkinan Dilantik 15 Pebruari 2016

Walikota - Wakil Walikota Batam Terpilih Kemungkinan Dilantik 15 Pebruari 2016

Written By Unknown on Selasa, 02 Februari 2016 | 18.54.00

Walikota - Wakil Walikota Batam Terpilih
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah menyusun skema pelantikan bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 9 Desember 2015. Bagaimana jadwalnya?

Pertama, bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah yang hasil Pilkadanya tak berperkara di MK, akan dilantik bulan Februari ini. Gubernur dan Wakil gubernur terpilih dilantik Presiden 11-12 Februari, bupati dan wali kota terpilih dilantik 15 Februari.

"Ada 7 gubernur, bupati/wali kota ada 200-an. Pelantikannya serentak misal 15 Februari (2016)," ucap Mendagri Tjahjo Kumolo di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (2/2/2016).

Tjahjo mengatakan, untuk bupati dan wali kota terpilih, Presiden akan memberi arahan sehari setelah mereka dilantik di ibu kota provinsi masing-masing. Menurut Tjahjo, agenda pelantikan tahap satu ini sudah diserahkan ke Seskab dan Setneg untuk kepastian hari dan jamnya.

"Tahapan kalau menunggu yang sedang sengketa di MK, (dilantik) bulan Maret sebagaimana PKPU untuk tahap keduanya," lanjut Tjahjo.

Kemudian, untuk tahap ketiga pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memenangkan Pilkada, digelar bulan Juni. Hal ini menyesuaikan akhir masa jabatan kepala daerah sebelumnya.

"Juni itu masih ada 20-an yang memang masa jabatannya baru habis bulan Juni. Itu amanat undang-undang, masa jabatan itu tidak boleh dipotong," ucap menteri bermobil dinas Innova itu. 
Share this post :
 
Support : Creating Website | Tim ramah | Amsakar Achmad Blog
Copyright © 2011. Amsakar Achmad - All Rights Reserved
Template Created by Modiv Website Published by Tim Ramah
Proudly powered by Blogger